Scary Tarot , Deck Hybrid yang Menakutkan!

Scary Tarot , Deck Hybrid yang Menakutkan!

Scary Tarot merupakan deck buah karya Mella Morgen dan A. Kephinne yang diterbitkan secara indie setelah tiga tahun proses pembuatan, melalui rumah produksi mereka No.Ra Projects. Kartu Tarot yang menggunakan bahasa Indonesia ini diterbitkan pada 12 Desember 2020 melalui akun Instagram mereka tersebut.

Deck ini menjadi pembuka untuk layanan Creator Submission dari Tarot Telling. Layanan ini diperuntukkan bagi seluruh creator divinasi di Indonesia untuk mengirimkan dan memberikan informasi mengenai karya seni divinasi buatan sendiri maupun orang lain yang merupakan produk asli Indonesia. Tarot Telling akan mendata dan memberikan review untuk karya yang sudah dikirimkan sehingga akan lebih dikenal luas. Scary Tarot menjadi deck pertama yang masuk, padahal Tarot Telling belum launching resmi layanan ini.

Mella dan Kephinne mengirimkan decknya padaku setelah launching. Decknya sendiri kuterima pada tanggal 19 Desember dengan sangat baik. Pengemasan yang rapi dengan bubble wrap custom bewarna hitam yang senada dengan kemasan deck. Namun untuk deck yang aku terima ini, ada sedikit kesalahan cetak yang segera diperbaiki dengan mengirimkan 5 halaman yang hilang melalui email. Aku memahami kerumitan mencetak deck sendiri, jadi bisa memaklumi. Semoga deck lanjutnya dapat lebih optimal yah.

Baiklah, mari kita cek bersama seperti apa deck Scary Tarot ini.

Pertama tentunya dari box bagian luar. Warna hitam dengan ilustrasi mbak Kunti yang terlilhat samar-samar dan tulisan Scary Tarot bewarna putih. Model box flip top terbuka pada bagian atas dan bawah seperti dus deck Tarot pada umumnya. Boxnya menggunakan laminasi doff/matte.

Scary tarot box front
box depan Scary Tarot

Pada bagian belakang box ada kata pengantar dari kedua penulisnya. Bagian ini wajib diperhatikan, bukan sekedar kata pengantar belaka. Mungkin sebaiknya diberi judul Disclaimer agar orang-orang yang sensitif dengan energi dapat lebih berhati-hati. Informasi mengenai deck yang menggunakan tradisi RWS pun sudah disampaikan. Namun catatan khusus mengenai inspirasi deck ini dari kisah kepedihan, jeritan, bisikan dan suara hati paling dalam dari bawah sadar manusia akan memberikan pengalaman yang berbeda dari deck umumnya.

Scary Taro box back
box belakang Scary Tarot

 

Scary tarot buklet samping
box samping Scary Tarot

 

Sesuai dengan namanya, Scary! Begitulah kesan pertama yang aku dapatkan ketika membuka deck ini.  Apa yang menakutkan? Pertama, dari ilustrasi yang sebagian besar merupakan makhluk atau objek yang menakutkan. Kedua, nuansa warna cenderung hitam atau tint warna gelap, Ketiga, energi yang disampaikan oleh kartu-kartunya. Menurutku, melalui deck ini, mereka berdua berhasil membentuk tekanan psikologis yang memicu bawah sadar untuk muncul dan menghadirkan sisi asli diri.

Tentang Kartu

Kartu Tarotnya berjumlah 80, lebih banyak 2 lembar dari tradisi deck Tarot umumnya. Terdiri dari 22 arkana mayor, 56 minor dan 2 kartu ekstra, Minds dan Lost Spirit. Ada satu kartu lagi untuk ucapan terima kasih.

Keunikan dari deck ini adalah kemampuannya untuk sekaligus menjadi kartu oracle, karena terdapat tulisan di setiap kartu yang merupakan intepretasi dari penulisnya.  Jenis deck yang memadukan tarot dengan oracle seperti ini disebut sebagai hybrid.

Ilustrasi pada kartu yang didominasi warna hitam ini jelas rada horor, walau gak semua juga sih. Awalnya kukira nuansa kartu akan monokrom hitam putih aja, tapi ternyata ada semburat warna lain. Seperti kehijauan di Justice, The Hermit, Hanged Man, biru pada the Emperor dan the Devil dan kuning pada The Sun, dll.

Scary Tarot major 0-9
Scary Tarot Major Arcana Ekstra, 0-9

 

Scary tarot major 10-21
Scary Tarot Major Arkana 10-21

Ada dua kartu tambahan pada deck ini yaitu Minds dan The Lost Spirit Kedua kartu ini sepertinya melengkapi perjalanan the Fool sampai pada The World dengan menjadi Minds dan The Lost Spirit. Tadinya kukira Lost and Found loh. Duh.. mata mulai ngawur sepertinya.

Pemberian judul pada kartu-kartu bisa dibilang tidak biasa untuk minornya. Walaupun masih tetap berupa ilustrasi bukan hanya pip card saja. Simbol elemen mungkin akan membingungkan bagi pemula, namun ketika sudah memahaminya tidak akan terlalu mengganggu. Penamaannya pun disesuaikan dengan tema deck ini. Antara lain, Scary untuk swords, Shadows untuk wands, Sink untuk cups dan Spooky untuk pentacles.

Pada setiap kartu minor pun sudah diberikan makna kartu yang tercetak di bagian bawah dengan ukuran huruf yang mudah dibaca. Bahasa Indonesia yang digunakan tidak terlalu formal, mudah dipahami dan memberikan nasehat. Biasanya kalimat-kalimat seperti itu akan banyak ditemui pada kartu oracle daripada tarot.

Scary tarot minor
Scary Tarot Minor Arkana As

 

Bagian belakang kartunya minimalis. Aku suka banget! Latar belakang warna putih dengan ilustrasi tengkorak yang seakan mengintip dari segitiga kegelapan. Deck belakang yang minimalis ini kontras dengan kepadatan ilustrasi pada kartu di baliknya. Pikiranmu bisa istirahat sejenak deh sebelum melakukan pembacaan. Tengkorak di sini mengingatkanku pada bahasa Latin Memento Mori, ingatlah kematian. Kematian itu hal yang pasti, setiap yang hidup akan merasakan mati. Namun jika belum waktunya mati, hiduplah dengan sebaik-baiknya.

Scary tarot back card
Scary Tarot Back Card

 

Ukuran kartu ini 7 x 10 cm dengan ketebalan 3.5 cm. Berikut perbandingannya dengan kartu A E Waite Premium terbitan AGM Urania.  Kartunya cukup tebal dan ukuran pas di tangan. Hanya saja karena tidak dilaminasi, harap ekstra hati-hati dengan goresan. Tanpa laminasi, kartunya mudah tergores dan tintanya terangkat dari kartu.

Scary tarot vs rws
Scary Tarot 3 of Sink – Tarot of A.E Waite 3 of Cups

Kelengkapan

Bicara tentang kelengkapan deck, maka Scary tarot ini sudah dilengkapi juga dengan buklet pendamping. Buklet bawaan ini dicetak hitam putih dengan kertas matte paper untuk sampul dan HVS untuk halamannya. Tidak ada kata pengantar (mungkin karena sudah ada kartu ucapan juga) pada deck ini, aku menerima email susulan tentang 5 halaman yang hilang. Lost Spirit, Minds dan Court Card of Sink.

Buklet yang bisa disebut buku mini ini cukup tebal, ada 84 halaman. Dicetak hitam putih dengan sematan gambar kartu di dalamnya dilanjutkan dengan properti penjelasan kartu dan arti. Untuk penjelasan kartunya sendiri sudah lengkap. Ada beberapa kartu yang mewakili sosok yang sudah cukup umum dikenal, seperti ilustrasi yang terinspirasi Monalisa pada The High Priestess dan juga Kuntilanak pada The Empress.

Kartu The Sun pada deck ini cukup menarik perhatianku. Ketika membaca penjelasannya pada buklet, ternyata memang sosok yang digambarkan berupa spirit dolls ini memberikan pengaruh yang kuat terhadap pembuatan deck ini.

Scary tarot buklet sun
buklet arti kartu the sun

Di dalam buklet ini, selain sudah termuat arti dari kartu disertai dengan tambahan koresponden untuk planet/zodiak, elemen, batu mulia, intepretasi kecenderungan jawaban ya-tidak, tertulis juga astrologi dari si kartu dan arti kartu dalam berbagai situasi pembacaan. Mulai dari diri bacaan umum, harian, cinta, karir hingga kesehatan. Informasi ini membantu memperkaya intepretasi bacaan tarot baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Ada juga petunjuk mengenai tebaran kartu. Total ada 5 tebaran yang disajikan. Mulai dari tebaran harian, terbaran 3, 5, Celtic Cross dan Spirit Guide Spread. Kalian bisa mencoba tebaran ini dan share pengalaman kalian juga ya.

Halaman terakhir buklet, menjelaskan cara merawat kartu dan mengisi energinya. Elemen deck ini adalah air, ada cara khusus untuk mengisi energi pada deck ini yang sudah dijeaskan di halaman tersebut. Mengenai buklet, hal yang aku inginkan adalah tulisannya jadi agak besar sedikit. Tapi bagi kalian yang muda-muda mungkin gak akan jadi masalah.

Gaya Pembacaan Scary Tarot

Deck ini tegas dan tangkas saat menjawab pertanyaan. Terlebih ketika digunakan untuk membaca shadows diri. Seakan-akan tidak memberi ruang untuk mengelak dari jawaban yang diberikan. Pertanyaan yang diajukan malah bisa dikembalikan jika terlalu baper. Mungkin itu yang menjadikan deck ini sesuai dengan judulnya. Scary! But in a good way. Caring tapi tanpa tedeng aling-aling. Menunjukkan kenyataan tanpa pemanis buatan.

Aku mendapat pengalaman baru dengan deck ini. Energi yang kuat, passionate dan emosional. Perpaduan maskulin dan feminin yang hampir seimbang, masih terasa lebih feminin buatku sih. Aku juga melakukan sedikit wawancara dengan deck ini. Silakan disimak.

Berikut merupakan kartu yang terbuka ketika aku menanyakan tentang deck ini sendiri.

 

TT : Coba ceritakan tentang dirimu.

Scary tarot isi

Temperance, The Lovers dan The Sun.

ST : Aku terlahir dari ‘orang tua’ yang tekun mengolah mental dan spiritual. Perjalanan dan pengalaman mereka yang membentukku menjadi seperti ini. Setiap pembelajaran, eksplorasi, penaklukan ego, tenggelam dalam emosi serta semangat pantang menyerah melebur menjadi satu kesatuan. Rasa cinta menjadi bibit penciptaanku, keselarasan dan perpaduan antara ego dan welas asih melahirkanku. 

Aku akan mengubah segala sesuatu yang tidak selaras. Selama masih hidup, perubahan akan selalu terjadi, maka akupun akan mengajakmu untuk terus bertumbuh. Kutunjukkan pilihan yang bisa jadi tidak sesuai keinginanmu, namun tentunya sebuah pembelajaran penting untuk jiwamu. Aku percaya pengorbanan selalu dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan.  Siap tidak siap, kamu akan selalu mendengarkan kejujuran dariku. 

Aku berharap dapat menjadi pemandu dalam kegelapanmu. Jalan terang yang tadinya tak kau sadari ada akan terlihat lebih jelas. Membantumu membangun fondasi diri melalui langkah-langkah kecil setiap harinya secara nyata. Cermati apa yang kukatakan maka perahan-lahan kamu akan menukan pencerahan jiwa sejatimu dalam bentuk ide-ide kreatif, visi misi yang jelas serta ekspresi yang lugas.

 

TT : Bagaimana cara terbaik menggunakanmu?

Scary tarot reading

The Tower, The Fool, 10 Swords

ST : Aku akan menghancurkan apa yang sudah kamu bangun dengan kepalsuan. Tidak ada tempat untuk penyangkalan diri. Memulai dengan pola pikir baru adalah yang terbaik yang bisa kamu lakukan. Aku memberimu sudut pandang baru yang bisa jadi selalu kamu tolak selama ini. Dalam keadaan terburukmu, aku tetap dapat memberikan jawaban yang dapat kamu lakukan meski tak kamu sukai. 

Bangun kecerdasan intelektual, mental dan spiritualmu dengan pengalaman. Tanpa adanya aksi, apa yang kamu inginkan hanya akan memberi tekanan mental. Bangkit dan berjuanglah dengan apa yang yang kamu yakini. Belajar dari rasa sakit, belajar dari kegagalan. Hadapi semua dan berkembanglah. Gunakan aku di saat kamu perlu panduan realistis bukan untuk merengek meminta jawaban yang menurutmu benar.

Pros and Cons deck ini

Setelah membahas tentang kartu, kelengkapan dan gaya pembacaan, kini aku akan memberikan komentar tambahan. Perlu diingat, apa yang aku tulis disini merupakan pendapat pribadiku, kamu bisa saja berpendapat berbeda. Mungkin ini masalah selera saja, makanya perlu kamu buktikan sendiri dengan mendapatkan deck ini untuk dirimu sendiri.

Hal yang sedikit menyulitkanku adalah mengenai gambar ilustrasi pada beberapa kartu buatku kurang terlihat jelas, terutama pada minor. Kualitas gambar yang digunakan mungkin terlalu kecil sehingga ketika dicetak menjadi kurang tajam. Aku merupakan pembaca gambar, sehingga kontras antara latar belakang dan objek membuat kesulitan melihat ilustrasinya. Ditambah tulisan pada kartu yang membuat gambar di belakangnya semakin tertutup. Sehingga aku lebih banyak membaca tulisan pada kartu dan menggunakannya seperti oracle.

Kesan tegas nas lugas aku dapatkan karena objek ilustrasi langsung mengambil fokus dari arti kartunya. Sehingga bacaan akan langsung pada intinya. Hanya beberapa yang memberikan tambahan simbol yang bisa dibaca secara intuitif. Meskipun menggunakan tradisi RWS, bukan berarti ilustrasi yang digunakan harus sama. Penggambaran makna simbol pada deck RWS sudah disesuaikan dengan intepretasi penulis dengan sangat baik. Jika mau melihat kesamaan, ada pada kartu 10 of Scary/10 of swords yang menunjukkan gambar 9 pedang menusuk punggung dan 1 pedang di tangan. Ilustrasi yang sama pada RWSpengkhiaa yang secara harfiah memberikan arti

Oh ya, jenis font untuk nomor sempat membuatku bingung. Angka 3 dan 5 pada kartu mirip banget, masih sering ketuker ini.

scary tarot number

 

Selama 2 hari awal aku menggunakan deck ini, aku sempat sakit kepala dan belum bisa menulis review.Lumayan cerewet juga sebagai deck, itu yang bikin sakit kepal, mungkin, makanya tidak langsung kugunakan. Aku butuh waktu untuk penyesuaian dengan deck ini. Selain memang secara energi dia mengintimidasi dan minta perhatian terus, deck ini juga membuatku harus menghadapi emosiku sendiri. Tidak bisa disambi kerjaan yang lain. Dirasa-rasa, kok mirip diriku sendiri ya? Hahahha.

Scary Tarot, Deck Hybrid yang Menakutkan! ini merupakan deck Tarot dengan tema dark dan hitam putih pertama yang aku review dan temukan di Indonesia. Aku suka konsepnya meski pada dasarnya aku kurang suka horror, tapi deck ini masih dapat kugunakan untuk membaca dengan baik. Sesuai klaim, sangat cocok untuk membaca shadows diri atau ketika membutuhkan second opinion yang to the point.

Kualitas kartu sudah oke, cukup tebal dan nyaman dikcocok, Tapi agak sulit ketika harus di spread, apalagi cuaca sedang lembab banget. Tidak terlalu masalah buatku, karena lebih sering langsung kuambil kartu dari tumpukan dibanding melakukan spread di meja.

Kartu favorit ada dua. Pertama adalah the Lovers. Uluran tangan hitam dan putih membisikkan adanya perpaduan yin yang, tentang komunikasi yang bisa dilakukan tanpa kata, yah cinta memang seperti itu. Aku juga kartu The Sun. Sebelum membaca artinya pun sosoknya seperti sudah menunjukkan kebijaksanaan sederhana. Buatku, kartu ini benar-benar bisa menggambarkan harapan dan optimisme yang bisa ditemukan pada keseharian.

Congrats buat Mella dan Kephinne yang telah melahirkan deck Tarot sekaligus oracle ini. Semoga deck ini dapat diterima pecinta kartomansi di Indonesia. Ditunggu karya-karyanya berikutnya.

‘Kamu dapat hubungi langsung melalui Whatsapp atau beli langsung di Shopee untuk melakukan pemesanan. Harganya pada saat review ini dibuat adalah Rp. 555.000. Sementara ini mereka mencetak dengan jumlah terbatas dan sistem Pre Order. Di batch cetakan berikutnya, mungkin buklet yang kau terima sudah lengkap, tidak ada halaman yang hilang lagi.

Aku merekomendasikan deck ini bagi yang ingin mengolah sisi shadows diri dan pembaca kartu yang suka tantangan mental psikologis.

 

(LN)

Tarot Telling Score : 4/5

 


 

Scary Tarot Deskripsi :

Nama : Scary Tarot

Edisi : 1. Rilis 12 Desember 2020

Pembuat : A. Kephinne Phongtanin & Mella Morgen

Penerbit: Self publishing. No. Raprojects

Tipe: Hybrid Tarot Oracle

Basis : Rider Waite Smith.

Jumlah Kartu : 80

Arkana Mayor: 22

Arkana Minor : 56

Ekstra : 2

Kelompok : Scary, Shadows, Sink, Spooky

Kartu Court : Page, Knight, Queen, King

Ukuran kartu :  7 cm x 10 cm

Belakang kartu : unreversible, latar belakang putih dengan gambar tengkorak di tengah.

Bahasa : Indonesia

Kelengkapan :

  • Buklet 84 halaman (edisi yang aku terima ada 5 halaman pengganti bentuk pdf)
  • Satu lembar kartu ucapan terima kasih

 

close

LET’S KEEP IN TOUCH!

Agar gak ketinggalan info diskon atau artikel keren 😎

Kami gak akan nyepam kok. Baca Kebijakan Privasi untuk info lebih lanjut.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat with us on WhatsApp