Menggunakan Signifikator Untuk Membaca Tarot

Menggunakan Signifikator Untuk Membaca Tarot
Menggunakan Signifikator Untuk Membaca Tarot

Menggunakan signifikator untuk membaca Tarot sebenarnya sangat membantu dalam pembacaan. Namun pada prakteknya,  saya masih jarang melihat seorang praktisi tarot mengunakan signifikator untuk pembacaannya. Baik dalam pembacaan dengan sesi singkat pada acara hiburan ataupun sesi lama (konseling) mereka tidak menggunakan signifikator. Bahkan tidak tahu signifikator itu apa. Walau sering muncul cara penggunaannya pada buku-buku tarot. Banyak yang tidak menggunakannya dengan pertimbangan kurang praktis.

APA ITU SIGNIFIKATOR?

Signifiikator adalah kartu yang diambil dari deck untuk menentukan energi, sifat, vibrasi dari orang yang akan dibacakan. Penggunaan signifiKator berguna untuk konsentrasi pada masalah tertentu dan pembacaan tidak keluar dari topik yang sedang dibacakan.

Dengan menggunakan signifikator, pembacaan yang lebih fokus dan juga tepat sasaran akan membuat sesi pembacaan menjadi lebih efisien. Pembaca Tarot akan dapat lebih spesifik membahas topik yang diinginkan sementara si penanya juga dapat lebih memahami topik permasalahan tentang dirinya yang perlu diperhatikan.

PENENTUAN SIGNIFIKATOR DENGAN NUMEROLOGI

Biasanya kartu digunakan untuk signifikator adalah salah satu dari 22 kartu Major Arkana atau 16 kartu Court Cards dari Minor Arkana. Pemilihan bisa menggunakan numerologi untuk kartu tarot. Ada 2 cara mencarinya, semuanya menggunakan tanggal/bulan/lahir yang akan dibacakan. Contoh :

Kelahiran : 25/01/1980
jumlahkan tanggal dan bulan : 25 + 01 = 26
jumlahkan tahun :19 + 80 = 99
jumlahkan hasil tanggal dan bulan dengan tahun : 26 + 99 = 125
tambahkan lagi dengan batas dua digit angka : bisa 12 + 5 = 17
Kartu yang mewakili bisa : 17 (The Star)
atau jika ditambahkan lagi digitnya : 1 + 7 = 8 (Strength)

Bisa dipilih,kartu yang cocok dan mewakili pembacaan atau secara intuitif tidak perlu menggunakan penghitungan dan langsung dipilih. Bahkan ada yang menebar terbalik kartu Major dan klien sendiri yang memilih kartu yang mewakili dia saat itu.

FOKUS SIGNIFIKATOR

Jika pembacaan menyangkut orang lain, agar tidak keluar dari fokus orang yang disebutkan. Signifikator seringkali digunakan sebagai pengingat dan fokus. Sama proses pemilihannya, bisa menggunakan kartu Major Arcarna atau 16 Minor Arcarna. Pertanyaan umum yang keluar pada pembacaan terhadap sosok lain biasanya sudah memberikan aksi yang cukup. Pertanyaan umum yang bisanya keluar untuk signifikator orang lain seperti :

1. Bagaimana orang ini mempengaruhi kehidupan ku?
2. Kenapa aku mengijinkan orang in mempengaruhi kehidupan ku?
3.Apakah pembacaan dan tanda kartu menyarankan aku untuk langsung berhadapan menyelesaikan permasalahan dengan orang ini?
4. Apa reaksi orang ini ketika aku menghadapinya untuk menyelesaikan permasalahan ini?
5. Apakah dengan cara berdiskusi akan menyelesaikan permasalahan ini?
6. Apakah dia mengetahui bahwa ada permasalahan antara dia dan aku?
7. Apakah permasalahan antara dia dan aku bisa diselesaikan (dengan mudah/damai?)?

Hal yang menarik dari penggunaan Signifikator memang memberikan fokus. Fokus untuk menyelesaikan permasalahan, bisa dengan konflik diri atau konflik dengan orang lain. Terutama untuk mempersiapkan diri menyelesaikan permasalahan tanpa harus berhadapan langsung dengan permasalah itu sendiri. Semacam Brainstorming, memberi pemahaman lebih luas tentang kondisi dan situasi yang melibatkan kita, klien dalam suatu permasalahan.

Tapi ada hal yang harus diperhatikan. Sebenarnya tidak etis membaca kartu mengenai orang lain tanpa ijin dari orang yang bersangkutan. Karena itu signifikator biasanya digunakan untuk membaca diri sendiri atau klien yang berhadapan dengan kita, bukan dengan orang ketiga. Kalaupun dengan orang ketiga harus ada ijin terlebih dahulu. Diluar hal tersebut semuanya tanggung jawab seorang pembaca reader adalah pada pembacaan. Keputusan dikembalikan pada klien yang minta dibacakan.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat with us on WhatsApp