Mendongeng Dengan Gambar, Green Jobs Lintas Generasi dan Lintas Jaman

Coba bandingkan beberapa peringatan membuang sampah sembarangan. Mulai dari yang resmi, ‘Jangan buang sampah sembarangan’, atau ‘Buanglah sampah pada tempatnya’, dengan hiasan simbol gambar sederhana. Lalu bandingkan pesan inisiatif warga pada suatu tempat ‘Bila anda tidak mampu membuang sampah pada tempatnya maka telanlah makanan dan minuman beserta kemasannya’ atau yang lebih kasar ‘Buang sampah disini kemarin ada yang kesurupan’, plus gambar setan seram. Semakin pesannya bercerita maka semakin orang berpikir dua kali membuang sampah sembarangan. Mungkin akan berpikir tiga kali jika melihat gambar seram, sehingga akan menceritakan pesan-pesan inisiatif ini pada kerabatnya. Kerabatnya akan bercerita lagi kepada rekannya yang lain. Cerita dan gambar plus imajinasi membuat cerita berkembang. Pesan jangan buang sampah sembarangan jadi lebih menancap dalam pikiran.

Ada 90 persen informasi yang dikirim ke otak itu bersifat visual, 50 persen kapasitas otak bertugas memproses informasi visual, plus otak memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Ketika visual digabung dengan pesan yang kreatif atau cerita yang menginspirasi, kira-kira apa yang terjadi? Imajinasi paduan gambar dan pesan cerita akan berubah menjadi dongeng yang bisa berkembang dan bertahan lintas generasi dan lintas jaman.

gambar kalpataru di relief candi pawon

Bisa dilihat relief candi pawon abad ke 8 menggambarkan pohon Kalpawreksa atau Kalpataru, penggambaran pohon yang bisa memberikan sumber kehidupan yang berlimpah. Menginspirasikan pepohonan dan tanaman yang memberikan banyak kebutuhan manusia, menginspirasikan penghargaan Kalpataru untuk lingkungan hidup.

dewi sri

gambar arca dewi sri dari bali dan jawa

 

Atau kisah Dewi Sri (Bahasa Jawa), Nyai Pohaci Sanghyang Asri (Bahasa Sunda), Sangiang Serri(Bugis). Berbagai arca kuno dan cerita Dewi Kesuburan populer di tengah masyarakat agraris beserta kisah berbagai tanaman yang lahir dari sang Dewi, digabung dengan cara dan sifat tiap tanaman. turun-temurun berabad-abad.

Cerita dengan Visual, ketika diturunkan biasanya dalam bentuk lisan. Tapi imajinasi akan mengembangkan cerita menjadi lebih kreatif, bisa menjadi seperti dongeng mitos, legenda, atau berkembang sesuai kebutuhan jaman. Setiap daerah bisa membentuk cerita dengan kearifan lokalnya tersendiri. Seperti berbagai kisah Dewi Sri yang bisa berbeda di tiap daerah, tapi memiliki corak sendiri.

Kembali ke pesan ‘Jangan membuang sampah sembarangan’. Greenjobs, peluang kerja dengan memberikan pesan visual dan cerita tentang alam, pelestarian, kebersihan, dan sanitasi boleh dikatakan minim. Kesannya seperti pekerjaan untuk pemerintah atau pekerjaan di bidang iklan. Tapi di jaman serba terkoneksi, internet merajalela, konten dongeng dan visual tentang kembali ke alam masih kabur. Jika kembali ke alam dan penghijauan masih terlalu luas, hal sederhana seperti ‘jangan membuang sampah sembarangan’ konten yang dibangun bisa luar biasa banyak dengan dongeng dan gambar visual.

Konten dongeng dan gambar visual bisa jadi berbagai bentuk, mulai dari konten video, audio, gambar yang nantinya bisa jadi ilustrasi merchandise seperti kaos, poster, tas, buku. Bentuk yang sederhana, populer, dan mudah dilihat. Menimbulkan rasa ingin tahu.

Sebuah kisah dan gambar yang sederhana, sesuai budaya sekitar, tapi menonjol dan menarik hati. Kisah dan gambar yang bisa bertahan untuk diceritakan dan dipercaya penikmatnya. Kisah dan gambar yang bisa dikembangkan bebas penikmatnya sehingga penikmat cerita akan menjadi penyebar cerita itu dengan imajinasinya. Mudah diingat, sederhana dan berpeluang viral juga mudah disebarkan di berbagai media.

Kisah dan gambar dengan teman ‘Jangan membuang sampah sembarangan’ pun bisa menjadi berbagai cerita. Mulai dari cerita dampak, memilah sampah, mengolah sampah, dan lain lain. Bukan berupa tata cara, teori, dan pelatihan tentang sampah. Tapi kisah dan visual. Dongeng

Kisah dan gambar visual lebih mudah diingat dan berubah menjadi konsep, ide, juga informasi. Membangun emosi, semangat, dan antusiasme tentang sampah. Jika Ketiganya terbangun penikmatnya tentu ada niatan tersendiri untuk pencarian tata cara, teori, atau mencari pelatihan tentang sampah.

Menjadi hijau, Pekerjaan yang erat dengan penghijauan, Greenjobs mendongeng untuk indonesia lebih bersih dan higienis, dengan cara Kisah dan gambar. Masih minim, untuk peluang yang lebih besar.

hijau sawah

 

ditulis oleh :

Ian Yudha Istira

Pendongeng dan Reader Tarot

close

LET’S KEEP IN TOUCH!

Agar gak ketinggalan info diskon atau artikel keren 😎

Kami gak akan nyepam kok. Baca Kebijakan Privasi untuk info lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat with us on WhatsApp