Apakah Tarot Bisa Menginspirasikan Kembali Ke Alam, Sebuah Green Jobs?

Kartu Tarot itu tentang cerita, bagaimana bercerita, dan membuat cerita yang menginspirasi. Anggapan umum kartu Tarot untuk meramal, bermain-main dengan dunia lain, dan pasti terjadi. Padahal bukan itu tujuan. Anggapan masih berupa perkiraan, tapi yang pasti kartu Tarot hanyalah kertas yang bisa basah, mudah terbakar, bisa dekomposisi jika dibuang begitu saja di tanah. Bergambar macam-macam simbol yang membuat imajinasi dan bawah sadar bergerak lincah, mencari-cari dan menggali inti permasalahan dan ide dari dalam pikiran. intinya Tarot adalah kisah, dongeng, cerita dengan gambar simbol multi-arti.

Bagi yang awam tentang tarot, bisa juga pemula. Tarot yang dikenal hanya satu jenis saja. Tarot yang bergambar orang-orang dengan atribut pakaian abad pertengahan di eropa, beberapa kartu bergambar seram, ada yang menyenangkan, ada gambar malaikat. Tarot jenis ini dinamakan deck Rider Waite. Standard dan umum. Aslinya kartu Tarot itu mempunyai jenis deck yang bertema macam-macam. Jumlahnya ribuan jenis, beberapa negara mempunyai karya deck tarotnya sendiri-sendiri. Salah satu tema kartunya tentang flora dan fauna, pepohonan, atau hidup kembali ke alam. Go Green

Jadi pertanyaan kenapa ada tema kartu Tarot tertentu. Apakah tidak mempengaruhi pembacaan kartu Tarot. Disini butuh sedikit pemahaman tentang membaca kartu Tarot dan itu bukan tentang meramal. Tarot itu tentang menginspirasi dan memberikan aksi.

90 % informasi yang dikirim ke otak itu bersifat visual, 50 % kapasitas otak bertugas memproses informasi visual, plus otak memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Ketika visual digabung dengan pesan yang kreatif atau cerita yang menginspirasi, kira-kira apa yang terjadi? Imajinasi paduan gambar dan pesan cerita bagi pendengarnya, bagi yang menerima cerita dan gambar akan membangkitkan imajinasi. Imajinasi yang menggali ingatan bawah sadar, memberikan inspirasi untuk menyelesaikan permasalahan dan aksi untuk menangani permasalahan. Tarot itu tentang bercerita, tentang dongeng, yang menginspirasi dan akan bertahan lama juga merubah pola pikir.

Untuk deck tarot bertema flora dan fauna, pepohonan, atau hidup kembali ke alam. Berikut contohnya :

tarot of trees

Ada deck The Tarot of Trees, inspirasi pepohonan dan berbagai simbolnya. memberikan emosi damai dengan warna hijau, pepohonan, memberikan imajinasi yang menenangkan.

gaian tarot

Ada deck The Gaian Tarot, inspirasi gambaran Dewi Bumi, Gaia, atau Ibu pertiwi. Gambaran kehidupan orang-orang yang dekat dengan kehidupan alam dari berbagai bangsa dan ras.

animal divine tarot

Masih banyak deck bertema alam lainnya. Karena tarot tentang bercerita dengan Gambar Simbol. Tema kartu untuk kembali ke alam menjadi cocok untuk beberapa pembacanya. Bisa untuk menginspirasi diri atau orang lain.

Tarot tidak harus untuk membaca untuk orang lain. Banyak penggunanya menggunakan untuk diri sendiri. Untuk hiasan, untuk dinikmati gambarnya, untuk mencari inspirasi dengan melihat gambar-gambar simbolnya, untuk membangkitkan semangat dengan membaca acak per-kartunya. Untuk kartu bertema penghijauan, Alam menjadikan penggunannya lebih dekat dengan alam, penghijauan, atau menuju ke arah pelestarian alam. Sesuai inspirasi dari deck kartu jenis tertentu, dalam hal ini tema Alam.

Inspirasi apa yang bisa didapat dari tarot bertema alam, flora dan fauna, dan pohon? Tentu saja gambar visualnya yang penuh simbol. Karena manusia mahluk penikmat gambar visual, dan mampu mengolah simbol. Gambar simbol dan cerita yang mendukung, menginspirasikan penikmatnya untuk ingat akan alam. Inspirasi bisa berupa pengolahan sampah, penghijauan, pola makan sehat, dan pelestarian alam.

Apakah harus menggunakan Tarot. Tidak harus, tapi Tarot bisa menjadi inspirasi untuk memberikan manusia inspirasi bukan dengan bahasa resmi dan panjang. Tapi cukup gambar simbol dan cerita sederhana. Kiranya jika menimbulkan inspirasi, bawah sadarnya akan menghubungkan tema alam, flora dan fauna, juga penghijauan dengan tindakan untuk kembali ke alam, sebuah pekerjaan yang mengarah ke alam, Green Jobs

 

ditulis oleh :

Ian Yudha Istira

Pendongeng dan Reader Tarot

close

LET’S KEEP IN TOUCH!

Agar gak ketinggalan info diskon atau artikel keren 😎

Kami gak akan nyepam kok. Baca Kebijakan Privasi untuk info lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat with us on WhatsApp